Tampilan sampul dalam

Tampilan sampul dalam

Sekali lagi, saya mohon maaf atas judul buku yang amat kurang ajar tersebut. Namun judulnya akan lebih panjang bila ditulis dalam bahasa Indonesia, jadi terpaksa harus menggunakan bahasa Inggris.

Buku ini sebenarnya merupakan satu paket dengan buku pertama, namun khusus untuk edisi yang ini saya ingin membuatnya sungguh special bagi siapapun nantinya yang sudi membacanya. Ideal concept, inilah ide awal yang mendasari dari buku ini. Sebuah konsep yang saya kembangkan bagi adik – adik saya di ambalan sebagai panduan melaksanakan kegiatan. Inilah efek samping punya pembina “toyiber” ( ingat lagunya wali berjudul bang toyib?) sehingga harus berteman dengan buku lebih sering.

sekilas konsep ini seperti scout project, saya mengatakan mirip namun sebenarnya sangat berbeda. Ideal concept lebih mandiri kalau boleh saya katakan. Lebih banyak pengetahuan dan ketrampilan manajerial yang ada dalam buku tersebut, makanya ketika menulis buku ini saya sempat pusing kepala. Apalagi kalau bukan membahasakan bahasa project management menjadi bahasa pramuka yang membumi. Dan semoga sukses hehehehehe

Ideal concept merupakan panduan bagi pramuka penegak, tidak hanya penegak namun bagi remaja yang ingin membuat dan mengelola kegiatan di alam terbuka. Dalam buku ini nantinya akan dibahas mulai bagaimana membuat sebuah kegiatan, mengatur sumber daya uang,material dan manusianya, serta yang paling penting bagaimana menarik pembelajaran dari semua aktifitas yang telah dilaksanakan. Saya memiliki pemikiran bahwa di pramuka, ” Learning is within process, not only during D day”. Keyakinan saya bahwa proses yang dilakukan dengan benar, maka hasilnya pun akan benar. tanpa proses yang benar namun hasilnya benar?? menurut saya itu takdire sing kuwoso heheheheh

A guide to happy scouting, nah pramuka ini kan organisasinya anak muda. Coba tanyakan  pada anak kenapa ikut pramuka? alasan yang paling banyak adalah berkemah. Tapi mungkin sekarang sudah ndak lagi, alas an terabanyak karena diwajibkan oleh dikbud hehehehe… Berkemah,naik gunung, jelajah dan banyak aktifitas luar ruangan lainnya merupakan kegemaran anak muda. Namun harus diingat bahwa kegiatan seperti itu harus direncanakan dan yang paling penting bisa mengambil pelajaran dari kegiatan tersebut. Menurut saya, bila anak muda memiliki ketrampilan untuk membuat sebuah kegiatan bagi diri dan kelompoknya, maka mereka akan gembira dalam organisasi tersebut.

 

Iklan