"Flying without wings"

Berbicara tentang selam menyelam tentu tak lupa mengabadikan momen spesial yang ada, kalo terumbu karang,clown fish sampe sting ray mah sepertinya sudah menjadi pemandangan yang umum di perairan Indonesia. Negara kita kan terumbu karangnya paling banyak sedunia akhirat, tapi yang ngrusak juga paling banyak. Nah imbang kan.

Siapa yang tidak berkata wow keren ketika Indonesia mengadakan upacara bendera HUT RI 17 agustus 2009 di Sail Bunaken kemarin, yang jadi peserta aja bilang… hmm keren abis, apalagi yang cuma nonton dari tv heheheheh

Nah yang sekarang menjadi trade mark kita adalah penyematan segala bentuk penghargaan, brevet untuk penyelam yang baru lulus dan sertifikatnya di kedalaman dan mencoba untuk mengadakan upacara peringatan HUT pramuka dibawah air. Kalo tahun ini sih peringatan HUT pramukanya belum bisa, awal agustus kan ramadhan, kalo mengadakan kegiatan selam malam bisa juga sih, tapi ntar yang ikut paling 10 orang aja. Kan  kurang asik kalo gitu . tapi kalo penyematan brevet, lencana – lencana sudah pernah kita laksanakan.

Waktu tim kita mengadakan trip ke P. Menjangan di Bali, kita mengdakan apel bawah air penyematan lencana darma bakti kepada mas Wahab. Mas Wahab ini merupakan dive master yang menjadi pelatih kita – kita dan banyak pramuka sehingga bisa bis jadi penyelam partikelir gini hehehhe. Keren juga sih momennya, selama ini saya sering melihat penyematan lencana – lencana model gitu di gedung Grahadi dan Cibubur  dengan segala kekakuan dan protokoler yang ruwet sedemikain rupa.  Nah kemarin itu segalanya berjalan sangat alami, tiidak ada protokoler yang mengikat, gimana mau ruwet – ruwet dengan begituan wong cari posisi kneel down aja susah, terumbu karangnya banyak banget di menjangan.

Bagi kita yang sudah sering menyelam mungkin mengganggap penyematan brevet selam dibawah air  adalah hal yang biasa, bahkan brevet pun kadang kita tidak punya hehehhehe yang penting kan sertifikat sakunya ada dan diakui. Lagian punya brevet kalo ga rajin merawat juga jadinya kusam, keliatan dekil malah. Namun teman, bagi penyelam yang baru menyelesaikan pendidikan, hal tersebut bisa menjadi pembangkit semangat dan kebanggan tersendiri. Pak mantab pernah bilang gini “ nah kalo gini anda kan bisa punya foto penyerahan sertifikat dibawah air, sudah menunjukkan kalo anda beneran nyelam. Kalo fotonya rapi berbaris dilapangan upacara kan setiap orang bisa bikin, jadi masih meragukan” Gyahahhahahha bisa aja komentarnya.

Sebuah lencana,brevet ataupun apalah yang bisa disebuat sebagai sebuah bintang penghargaan haruslah mewakili rasa bangga dan terhormat bagi yang memamkainya. Namun rasa tersebut juga harus bisa dirasakan bagi kita ataupun siapa yang telah memberi bintang tersebut.  Perasaan itulah yang mampu membuat seseorang bersemangat untuk meningkatkan kinerjanya, dan yang lebih penting adalah timbulnya rasa untuk mengikuti jejak orang yang telah menerima pengharagaan tersebut. Bagiamana dengan banyaknya lencana yang pramuka tawarkan selama ini? Adakah rasa bangga dan kehormatan bagi mereka yang mengenakannya dan sebuah kebanggaan bagi organisasi pramuka saat memberikan bintang tersebut bagi anggotanya?

Iklan