Pada suatu kondisi tertentu, diesel engine bisa mengalami macet yang bisa mengakibatkan bencana bagi engine tersebut. Kerusakan yang ditimbulkan membuat biaya untuk memperbaikinya menajdi tidak ekonomis.

Kondisi ruang bakar

Dalam prinsip pembakaran motor bakar dalam, komponen udara dan bahan bakar merupakan komoditas utama untuk menghasilkan ledakan yang akan dikonversikan oleh conrod menjadi mechanical power. Dalam volume ruang bakar, udara merupakan komponen yang paling besar kuantitasnya bila dibandingkan dengan bahan bakar yang dimasukkan. Namun udara merupakan materi compressible yang berbeda dengan cairan (incompressible) , sehingga berapapun jumlah udara, piston bisa memampatkannya semaksimal mungkin untuk menghasilkan tekanan. Semakin banyak udara dalam ruang bakar, makin bagus proses pembakaran yang dihasilkan.

Hydraulic lock

Hydraulic lock (hydrolock) atau bisa juga disebut water hammer merupakan kondisi dimana terdapat cairan incompressible dalam ruang bakar. Jenis cairan yang paling umum menyebabkan hal ini adalah air, karena itu disebut hydrolock. Air yang masuk kedalam ruang bakar akan menyebabkan volume ruang bakar menjadi menyempit, mengingat sifatnya yang incompressible, membuatnya tidak dapat di mampatkan sebagaiman udara. Berapapun banyaknya udara yang masuk kedalam ruang bakar, masih bisa dimampatkan.

Kondisi ruang bakar yang menjadi lebih kecil karena adanya iar yang tidak bisa dimampatkan membuat piston tidak bisa melakukan langkah secara maksimal. Kondisi incompressible membuat tolakan terhadap piston saat melakukan langkah kompresi. Pertemuan dua gaya akibat putaran flywheel yang bertolak arah dengan gaya yang timbul akaibat tekanan pada cairan incompressible membuat piston macet dan timbul tegangan yang kuat pada conrod maupun crankshaft. Bila hal ini terjadi, crankshaft bisa patah atau bengkok. Kerusakan cranksahft pada level ini membuat biaya perbaikannya menjadi sangat tidak ekonomis.

Sumber air

Bagiamana air bisa masuk kedalam ruang bakar yang sangat rapat? Yang paling sering terjadi adalah kebocoran seal dari jacket water. Apabila engine dilengkapi dengan turbocharger yang memakai water or oil cooled cassing, bila terjadi keretakan pada cassing turbocharger sehingga cairan pendingin tersebut memungkinkan untuk masuk kedalam ruang bakar.

Hydrolock terjadi bila terdapat air dalam ruang bakar dan engine dalam kondisi running. Jadi tenang aja kalo anda punya engine yang tidak beroperasi trus jacket waternya bocor atau cassing turbonya retak. Kalo engine lagi off sih, kelelep juga nggak apa – apa, ntar juga bisa dikeringin lagi hehehehehe