IMG_7543

Sejenak saya tertegun saat ada pesan masuk di inbox FB saya “ Iki aku nang jamda karo kak Mantap, asep, Masruki kebagian tugas jadi operator Risk n Safety Camp… Iso dibantu Yik…buat draf / point2/indikator utk Risk n Safety Camp dari berbagai macam kegiatan Jamda tsb….

Ah… jamboree, sebuah aktifitas yang sangat menyenangkan, bahkan dalam beberapa waktu belakangan tidak hanya pramuka penggalang saja yang berjambore. vespa kumpul pun memakai judul jamboree vespa, seolah mereka mengerti sejarah dan maknanya jambore yang sejak 1905 diadakan untuk pertamakalinya di brownsea island oleh BP.

Saya tidak akan membahas sejarah jamboree atau apa yang dilakukan oleh para vespa ketika berjambore, karena saya belum memiliki vespa walaupun kepincut setengah mati dengan keelokan piagio waktu pameran di atrium TP hehehehehe.

Jambore mengingatkan saya akan kegembiraan 2000 an remaja tanggung dalam sebuah areal perkemahan, dan sejauh pengamatan saya mereka tidak merasa susah walaupun tidak semua hal pendukung jamboree berjalan memuaskan. Baik itu sarana maupun aktivitas yang diselenggarakan oleh pantia. Mungkin  para Pembina pendampinglah yang mempuanyai peranan paling besar menciptakan “ketidakgembiraan” ditengah euphoria peserta asli jamboree tersebut.

Saya masih sangat ingat betapa senyum saya mengembang, ya… mengembang dan merasa sangat senang melihat keceriaan adik – adik dalam menikmati jamboree yang kami adakan. Saat itu saya tidak mengerti alasan dibalik kegembiraan yang saya nikmati, dan mungkin penanggung jawab kegiatan yang lain juga saat itu. Dari sisi materi,waktu dan tenaga sudah jelas kami semua habis – habisan dan mendekati bangkrut hehehehe bahkan kuliah pun hilang selama 3 minggu, untung saja jaman itu peraturan absensi di ITS masih memungkinkan saya ikut ujian dan pembimbing TA yang baik hati karena 3 minggu ditinggal tanpa kabar, dan tidak marah!!

Sesaat setelah membaca pesan di inbox tersebut serta membawa kembali kenangan akan jamboree yang telah lalu, baru bisa saya mengerti makna dari sebuah tulisan BP “true happiness is to make others happy – Kebahagiaan yang sesungguhnya adalah membuat orang lain bahagia”. It is so true, memang benar demikian adanya, dan salah satu bukti yang bisa saya rasakan adalah senyuman saya saat melihat senyum keceriaan adik – adik peserta jamboree. Bukankah membuat orang lain berbahagia juga merupakan bagian dari ibadah, mengenai besar kecil nilai pahala tidak perlu kita repot – repot menghitungnya karena sudah ada yang menentukan hal tersebut.

Selamat berjambore 2014, kami dari tim manajemen resiko bermimpi bahwa di jamboree nanti peserta dan lingkungan perkemahan tersenyum gembira.